Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur

Telur, terutama telur ayam dan telur bebek adalah salah satu bahan pokok kebutuhan sehari-hari yang sangat mudah untuk di beli. Biasanya telur akan diolah atau dimasak terlebih dahulu sebelum kita konsumsi entah di buat telur dadar, telur ceplok, dan sebagainya. Selain itu, ada pula yang mengkonsumsinya dalam bentuk setengah matang.

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur

Namun tahukah kamu, bahwa ada manfaat dan bahaya tertentu jika kita mengkonsumsi kuning telur? Mau tahu apa manfaat dan bahaya mengkonsumsi kuning telur? Mari kita ikuti ulasannya berikut ini!

Manfaat Mengkonsumsi Kuning Telur

1. Meningkatkan kinerja otak


Di dalam telur terdapat banyak kandungan asam amino, DHA, dan klorin. Kombinasi dari asam amino dan mineral ini dapat membantu tubuh untuk melakukan regenerasi sel-sel syaraf dengan lebih baik dan efisien. Sebagai mana yang kita ketahui bahwa otak terbentuk dari milyaran sel, dan sebagiannya merupakan sel syaraf.

Oleh sebab itu, konsumsi kuning telur dapat memberikan asupan gizi untuk regenerasi sel-sel syaraf.

2. Menguatkan tulang dan gigi


Di dalam kuning telur terdapat kandungan A, D, E, K, dan B6 (vitamin yang larut dalam lemak) dalam jumlah yang cukup besar. Vitamin-vitamin tersebut dapat membantu untuk menguatkan struktur pada tulang dan gigi. Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk ibu-ibu yang sedang hamil, menyusui, atau pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

3. Meningkatkan stamina


Riset yang di lakukan oleh para ahli kesehatan menemukan fakta bahwa kolesterol yang terdapat dalam kuning telur adalah bahan dalam produksi hormon laki-laki (testosteron). Dengan demikian, konsumsi kuning telur dapat membantu laki-laki agar selalu memiliki vitalitas yang maksimal.

4. Menunda lapar


Nutrisi pada putih telur dan kuning telur yang di dapat dari sebutir telur memiliki jumlah yang cukup besar, bahkan dapat menghasilkan rasa kenyang yang lebih baik daripada sepotong roti.

5. Dapat di gunakan untuk kesehatan kulit


Kuning telur dapat di jadikan masker untuk merawat kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Vitamin E dan antioksidan yang terdapat dalam kuning telur dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel kulit, sekaligus membantu regenerasi sel-sel kulit yang sudah mati.

Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur

1. Sangat tinggi kolesterol


Rata-rata kandungan kolesterol pada sebutir telur adalah sebanyak 180 sampai dengan 200 mg. Sedangkan jumlah kolesterol yang di butuhkan tubuh manusia per hari adalah sebesar 300 sampai dengan 350 mg per hari. Dengan data tersebut, maka dapat kita terik kesimpulan bahwa kebutuhan kolesterol tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi 2 butir telur per hari.

Jangan mengkonsumsi telur lebih dari jumlah tersebut diatas, karena kolesterol yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan fungsi tubuh, terutama pada sistem aliran darah.

2. Konsumsi telur mentah


Banyak dari orang Indonesia yang sering mengkonsumsi telur yang masih mentah atau dalam kondisi setengah matang. Sebenarnya, konsumsi telur yang tidak matang dapat mengakibatkan bahaya bagi kesehatan, karena di dalam telur yang tidak matang bisa saja mengandung bakteri salmonella, toxoplasma, atau sitomegalovirus.

Kesimpulan


Kuning telur jika di konsumsi dalam jumlah tertentu dapat memberikan asupan gizi untuk tubuh. Namun, konsumsi telur dalam jumlah besar juga harus di hindari, karena beresiko untuk mengganggu kesehatan di waktu yang akan datang. Demikian sedikit ulasan tentang manfaat dan bahaya tertentu jika kita mengkonsumsi kuning telur. Jangan lupa share/like ya!

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur